Selasa, 13 Februari 2018

INSPIRASI NABAWIYAH

Kalau kita membaca dan mendalami Sirah nabawiyah atau sejarah perjalanan hidup Rasulullah kita akan mendapati, dimana masa atau periode Makkiyah lebih melewati waktu yang lebih panjang dibandingkan dengan periode Madaniyah atau Madinah.
Dimana periode Makkah juga adalah masa yang sulit dan penuh ujian yang harus dilewati oleh para sahabat radiallahu anhum ajmain dan tidak ada satupun syariat yang turun pada periode ini kecuali perintah sholat 5 waktu yg itupun turun di akhir-akhir periode Makkah.
Berbeda dengan periode Makkah, periode Madinah lebih melewati waktu yg lebih singkat dari periode sebelumnya, tetapi hampiri seluruh syariat turun pada masa yg lebih singkat ini.
Mengapa demikian, karena Allah mempersiapkan mereka radiallahu anhum dan menyaring siapa yg kelak mampu membawa syariatnya pada periode setelahnya.
Ada inspirasi yang besar yang terkandung dari Sirah Nabawiyah tersebut yg bisa menjadi pelajaran berharga bagi kita semua yang ingin melahirkan generasi tangguh pengemban risalah ini.
Bahwa dalam membentuk para rijal yang tangguh dalam dawah dan tegaknya Islam dimuka bumi ini adalah dengan mengjindarkan mereka dari fasilitas yang mewah dalam masa pembelajaran dan pendidikannya.
Pantaslah kita bisa melihat kebanyakan ulama dan dai rabbani lebih banyak terlahir dari kerasnya hidup mereka ketika menuntut ilmu, bukan dari sejuknya ruangan ber AC dan mewahnya gedung sekolah.
Semoga kita selalu membimbing kita untuk dapat selalu mengambil pelajaran dari setiap sejarah perjalanan rasul-Nya.
Ustadz Rafiardi, Guru Iman Qonuni 1 Ikhwan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar