Minggu, 24 November 2019

Faktor Kekalahan Kaum Muslim

Ketika Eropa memiliki peluang untuk kembali melakukan penjajahan yang pernah mereka lakukan. Mereka lalu “mencaplok” Syria berserta seluruh tempat sucinya untuk mendirikan kekuaasaan disana. Sejarah telah menyebutkan beberapa faktor yang membuat kaum salib berhasil melakukan penjajahan terhadap dunia Islam. Beberapa faktor itu sebagai berikut:
1.      Pertama dan paling utama adalah jauhnya umat Islam dari Allah.
2.    Para penguasa sibuk dengan diri sendiri demi melanggengkan kepentingan pribadi, sehingga mereka sering bertikai satu sama lain.
3. Banyak ulama meninggalkan kewajiban mereka untuk berdakwah dan berpihak pada kebenaran.
4. Adanya kelompok -didominasi oleh kelompok fanatic suku dan kelompok penganut mistisisme- yang mengeksploitasi perpecahan dalam tubuh umat, untuk mereka jadikan sumber penghidupan.
5.  Adanya keengganan didalam tubuh umat Islam sendiri untuk menuntut ilmu, mereka justru terus sibuk dan tenggelam dalam pertikaian yang terjadi diantara para penguasa muslim sendiri.
6.   Terjadinya serangan barbar yang telah meruntuhkan sendi-sendi ilmu pengetahuan seperti yang terjadi pada saat pasukan Mongol menghancurkan kekhalifahan Dinasti Abbasiyah.
Demikian yang terjadi pada umat Islam saat meninggalkan ajaran agamanya, kaum Muslim jauh dari pertolongan Allah disebabkan oleh diri mereka sendiri. Semoga kita bisa mengambil hikmah dari apa yang terjadi.
*arief abu habibie
Sumber: Atlas Perang Salib, Sami bin Abdullah al Maghluts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar