Senin, 21 Oktober 2019

Berinteraksi Dengan Tetangga

“Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia memuliakan tetangganya (HR Muslim)
Materi yang bagus saat pengajian pekan ini, di review kembali tentang bagaimana kita bertetangga. Siapakah yang termasuk tetangga kita? Semua orang yang tinggal satu kampung Bersama kita, atau ada yang lain, semua orang yang menempati 40 rumah dari semua penjuru arah.
Bagaimana Rasulullah mencontohkan kita dalam bertetangga dalam hal saling memberi “Jika engkau memasak, maka perbanyaklah kuahnya dan perhatikan tetanggamu, berikan makanan itu dengan cara yang baik”. Kenapa kita diminta saling memberi karena akan membangun rasa kedekatan, saling tolong menolong, karena saat kita butuh bantuan, maka tetanggalah yang akan kita minta tolong pertama kali.
Rasulullah di wasiati oleh Malaikat Jibril “untuk berbuat baik kepada tetangga”. Bersyukurlah jika saat ini kita memiliki tetangga yang baik, yang bisa saling mengerti dan bertoleransi, bagaimana dengan yang belum, bagi yang belum bisa jadi karena belum ada yang memulai satu dengan yang lain. Sesama tetangga minta di mengerti tapi belum mau mengerti orang lain.
Interaksi kepada tetangga ini terkadang bagi beberapa orang di sepelekan oleh sebagian kaum muslimin, padahal jika kaum muslimin salah dalam interkasi kepada tetangga dengan tidak mengikuti adab yang sudah dicontohkan Rasulullah. Kesalahan tersebut bisa menyebabkan kaum muslimin gagal masuk ke dalam surganya Allah.


*arief abu habibie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar