Kamis, 17 Oktober 2019

IDEAL

Saya pernah dinasehati salah seorang di tempat saya mengajar, Mr “Nobody is perfect&there is no ideal school”, memang tidak ada yang sempurna di dunia ini dan memang tidak ada yang ideal, justru dengan ketidaksempurnaan dan ketidakidealan tersebut kita bisa saling menutupi, melengkapi dan membantu satu sama lain.
Dalam konteks bawahan dan atasan, bisa jadi bawahan kita memiliki kekurangan, tapi pasti dia memiliki kelebihan dan bisa jadi pimpinan kita memiliki kelebihan, tapi pasti dia memiliki kekurangan, disitulah hikmahnya kita saling menutupi dan melengkapi. Bisa juga dalam contoh partner kerja, teman mengajar, pasangan hidup, dll.
            Masing-masing orang memiliki latar belakang yang berbeda-beda, input yang berbeda akan menghasilkan output yang berbeda pula dalam memberikan respon, jadi kita tidak bisa memaksakan orang lain memiliki pemikiran yang sama dengan kita, yang bisa kita lakukan adalah mempersamakan persepsi dan arah tujuan kita, kemana kita berjalan, dengan apa menuju kesana dan bagaimana menuju tempat itu.
*arief abu habibie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar