Rabu, 30 Oktober 2019

Share pengalaman urus Akte dan Kartu Keluarga di Kota Bekasi

Saya termasuk orang yang harus banyak bersyukur berhubung dititipkan amanah anak sejumlah 4 (belum tau nambah lagi apa ga?!) dan termasuk warga negara Indonesia yang taat aturan administrasi, semua berkas yang berhubungan dengan suami istri dan anak-anak tersimpan rapi dan lengkap. Salah satu administrasi yang berhubungan dengan anak adalah akte dan KK. Ingin sedikit share tentang ini.
Berhubung usia anak-anak tidak terlalu jauh, jadi merasakan bagaimana perubahan ritme kelengkapan tertib administrasi. Saat urus anak yang pertama masih dibantu dan ditemani oleh orang tua, maklum masih newbie 😊, saat semua berkas lengkap bawa dari RT ke RW, trus ke Kelurahan lanjut ke Kecamatan dan berakhir di Dukcapil yang harus menunggu 14 hari kerja, dengan catatan sudah dapat akte dan KK.
Saat anak kedua dan ketiga ada beberapa perubahan dalam membuat akte dan KK, semuanya sama seperti mengurus akte dan KK anak pertama, yang membedakan adanya one day service, atau pelayanan satu hari beres dan bisa ditunggu, ini suatu terobosan luar biasa menurut saya pada saat itu, karena dengan 1 berkas lengkap dan izin kerja satu hari, saya bisa dapat mengurus dua dokumen.
Masuk ke anak yang ke empat baru beberapa waktu yang lalu diurusin, peraturan membuat akte dan KK terjadi perubahan, yaitu semua dokumen yang dikerjakan dibawah 60 hari diselesaikan di Kecamatan masing-masing yang ada di Kota Bekasi, ternyata setelah hanya sampai di Kecamatan, masa tunggu akte kembali seperti yang lama yaitu 14 hari kerja, dan disaat akte sudah jadi baru bisa mengajukan KK baru, degan berkas yang berbeda, alangkah mundurnya sistem birokrasi ini, padahal sebelumnya sudah bagus 1 hari selesai, tapi dibalik kekurangan itu ada juga positifnya yaitu masa buka Kecamatan senin-jumat sampai jam 8 malam, dan sabtu buka sampai jam 12 siang.
Semoga kedepan kota kelahiran saya ini menjadi lebih baik kedepannya, dapat memberikan pelayanan dan service yang baik buat masyarakat Kota Bekasi.
*arief abu habibie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar