Sabtu, 19 Oktober 2019

Ilmu Itu Utama

Ada sebuah pertanyaan dari tulisan sebelumnya, dari 3 tujuan (Ilmu, Keterampilan dan Sikap) mengadakan sebuah pelatihan dalam sebuah organisasi, mana yang lebih diutamakan saat kondisi organisasi hampir mengalami kendala disetiap bidang.
      Sebagaimana kita dalam sehari semalam minimal 17 kali meminta kepada Allah di dalam solat untuk ditunjuki jalan yang benar, bukan jalan orang-orang yang dimurkai dan bukan jalan orang yang sesat, dan bagaimana Rasulullah mengajarkan kita urutan dari sebuah metode pembelajaran.
      Saya cenderung bahwa ilmu adalah yang utama, kenapa harus ilmu, karena disaat seseorang sudah memiliki ilmu, seharusnya yang lain akan mengikuti, baik itu keterampilan dan sikapnya, disaat ilmu sudah tertanam sebagai pondasi dasar seseorang, dengan sendirinya orang tersebut akan mengetahui bagaimana langkah yang baik kedepannya.
      Benarlah apa yang pernah dikatakan Rasullullah bahwa ilmu sebelum amal, karena seseorang yang beramal tanpa ilmu akan mudah terjerumus dalam kesalahan, maka dari itu jangan pernah merasa cukup dengan ilmu yang dimiliki, terus belajar dan meng upgrade diri menjadi lebih baik lagi buat kedepannya.
*arief abu habibie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar